Abaikan Jika Melihat Iklan Binary Options (Opsi Biner) pada Situs ini, Baca : Perbedaan Forex dengan Binary Options

Daftar Akun XM
image3

Chart Pattern dengan Akurasi yang Tinggi yang Mudah dikenali

Daftar Akun Exness

Flag Chart Pattern, Salah Satu Pola yang mudah dikenali dan memiliki Akurasi cukup Tinggi.


Pola ini adalah formasi candlestick yang sering terbentuk dan mudah dikenali, sering kali muncul ketika kondisi pergerakan sedang dalam trend yang kuat.

Merupakan Pola Continuation yang terkenal dan banyak diaplikasikan oleh trader, pola ini sering dikelompokkan dengan Pennant maupun Rectangle karena ketiga pola tersebut sangat mirip dari sisi tampilan, tempat kemunculan, volume yang menyertai, serta cara penerapannya, hanya berbeda pada bentuk saja.

Pola ini menggambarkan waktu istirahat pergerakan besar di market, beberapa trader juga sering kali mengibaratkan pola ini sebagai penanda market yang sedang mengambil napas untuk kembali melanjutkan perjalanannya.

Biasanya akan muncul dengan bentuk yang mirip dengan pola Rectangle, dimulai dari sebuah pergerakan harga yang kuat kemudian dihentikan oleh pembalikan harga yang membentuk Channel dengan 2 buah Trendline paralel.

Dalam penamaannya, pergerakan harga yang kuat ini akan disebut sebagai Flag Pole, sedangkan pembalikan harga akan disebut channel Flag. kedua garis trenline ini akan menjadi Support dan Resistance, harga akan terus berada dalam Trendline hingga breakout terjadi pada salah satu sisinya.

Trading dengan pola Flag, channel yang terbentuk harus berlawanan dengan arah pergerakan lonjakan harga, dan harap diperhatikan jika pola Flag tidak akan langsung terbentuk setelah terjadi Reversal di setiap pergerakan besar. biasanya pola ini akan terbentuk di sebuah tren yang stabil.

Trading dengan pola Flag dibagi menjadi pola bullish Flag dan pola bearish Flag :


Setelah harga melonjak ke atas membentuk Flag Pole, seharusnya Channel Flag akan condong mengarah ke bawah, membentuk pola bullish Flag. seperti pada contoh gambar diatas. sedangkan sebaliknya untuk pola bearish Flag, setelah harga jatuh ke bawah dan membentuk Flag Pole, maka seharusnya Channel Flag akan condong mengarah ke atas. seperti pada contoh gambar diatas.

Dalam Penerapannya, tidak asal entry ketika pola terbentuk, terdapat beberapa aturan untuk mengukur akurasi pola yaitu :

  • Tunggu dan pastikan sudah terjadi breakout pada Channel Flag
  • Saran memposisikan Stop loss adalah pada level low/high Channel yang terbentuk
  • Cermati Volume pada Pole Flag dan Channel Flag, Pola ini menjadi ideal untuk menjadi keputusan melakukan entry apabila Pole diiringi dengan tingkat volume yang tinggi dan channel yang selaras dengan volume rendah. dan terjadi penambahan volume ketika breakout. 
  • Pastikan hingga Channel Flag Terbentuk dengan Sempurna, Channel Downtrend dibentuk dari susunan Higher High dan Lower High, begitu pula sebaliknya. sebelum menunggu breakout terjadi, disarankan menunggu hingga channel selesai terbentuk, baru setelah itu menunggu breakout.
  • Gunakan Indikator Tambahan sebagai Konfirmator, seperti misalnya Indikator Fibonacci Retracement. setelah Flag Pole selesai dan channel Flag mulai terbentuk, tarik Fibonacci Retracement dari level 0% pada puncak Pole ke level 100% di dasarnya. untuk tingkat akurasi yang baik, pastikan harga tidak tertutup di bawah level 32%. disarnkan untuk melakukan entry pada pada level 23% maupun 38%, dengan memasang stop loss pada level 50%

Semoga Bermanfaat, Happy Trading & Good Luck!





KATEGORI KONTEN : Trading

BAGIKAN :

CONVERSATION

Daftar Akun XM