Blog dapat menampilkan iklan secara random, abaikan jika melihat iklan Binary Options seperti Binomo dan sejenisnya.

Jadi Trader harus Percaya Diri

Published at December 2019
Category : Forex Trading

Kita memang tidak akan pernah bisa membatasi apa yang orang ingin sampaikan, sama seperti kita tidak akan pernah bisa menghindari burung terbang diatas kita, namun kita bisa menghindari burung tersebut hinggap dikepala kita.

Hal terbaik yang bisa anda lakukan sebenarnya adalah tidak perlu terlalu bercerita kemana-mana kalau anda melakukan trading, be a silent trader, lagipula saat seseorang tau, mencemoh atau justru tertariknya dia. hanya antara akan memberi saran-saran bijak atau sebaliknya jutru minta diajari dan alih alih akhirnya mengganggu fokus trading.

Bukan Pelit ilmu, tapi faktanya trading ini berkaitan dengan uang, jika sampai pola pikir seseorang yang tertarik itu hanya keuntungan apalagi solusi kaya cepat, resiko yang dia alami bisa menjadi beban pikiran juga untuk kamu. sekalipun terpaksa mengajari, utamakan lebih banyak berbicara mengenai pengendalian emosi, peluang keuntungan yang realistis dan tekankan bagian resiko.

Trading ini sangat berkaitan erat dengan kecendrungan seseorang, usahakan untuk tidak berbicara pada seseorang yang mindsetnya ingin kaya mendadak.

Jadi Trader harus Percaya Diri. anda harus sudah berkomitmen dan bisa menerima resiko yang bisa terjadi dalam Trading.

Harus memiliki trading plan yang jelas dan prinsip : Saya mengerti yang Saya lakukan, Tujuannya Jelas dan Siap dengan Resikonya.

Jika tidak memiliki komitmen dan prinsip ini, anda akan mudah terombang-ambing dengan berbagai kondisi, seperti ikut-ikutan sinyal trading yang tidak jelas dasarnya apa, bahkan menyerah melakukan trading sendiri dan mengunakan robot, copy trade, dsb.

Dasar untuk menjadi percaya diri juga tidak kalah penting adalah seberapa jauh pengetahuan anda dalam dunia trading, anda harus sudah mengerti betul dasar-dasar dalam trading, baik itu bagaimana mekanisme market, hal-hal teknis dalam melakukan transaksi, money management, dsb.

Jika anda melakukan trading dengan dasar dan target yang jelas dan realistis, maka yakin dan percaya dirilah dengan trading anda tersebut. jangan sampai jadi mendadak khawatir hanya karena melihat diskusi atau sinyal yang berbanding terbalik dengan trading anda.

Prediksi dan Reaksi
Kemampuan Prediksi tidak menjamin keberhasilan dalam trading, Reaksi jauh lebih Penting.

Reaksi!, ini jauh lebih penting dibandingkan Prediksi. sayapun tidak sadar dengan hal ini dalam kurun waktu yang cukup lama. apalagi saat baru-baru melakukan Trading, biasanya akan sangat antusias dalam mempelajari bagaimana menganalisa pergerakan pasar. jadi mindset sudah fokus disini, bahkan bisa-bisa sampai rajin banget baca analisa-analisa trader lain di berbagai situs, bahkan sampai gabung group wa atau telegram untuk mendapatkan sinyal-sinyal trading. yang ditekankan apa ? Prediksi kan ?, terus Reaksinya jika terjadi kesalahan prediksi apakah dibahas ?

Jika memiliki anggapan bahwa Prediksi adalah sebelum atau perencanaan, sedangkan Reaksi adalah solusi atau upaya dalam menyelamatkan kesalahan Prediksi. maka seringkali ini yang menjadikan sistem trading tidak berjalan dengan konsisten.

Pada Faktanya, Prediksi dalam trading hanya menghasilkan 2 kondisi, kalau tidak profit, ya loss. sangat berbeda dengan halnya Reaksi, yang dimana reaksi ini adalah respon terhadap gejolak harga yang terjadi pada market.

Prediksi menjadi pegangan baku lebih lanjut setelah entry dilakukan (jika yakin dan konsisten), tidak bisa dirubah, sedangkan reaksi bersifat relatif sesuai kondisi market dan tergantung bagaimana pengendalian emosi anda terhadap gejolak pergerakan harga yang sedang terjadi.

Nah jika kemampuan Reaksi ini disadari dan dilatih, anda akan bisa lebih tenang dalam menghadapi market, tidak sampai menambah posisi atau hedging ketika ternyata prediksi anda salah, tidak sampai melakukan cutloss karena tekanan, dsb.

Kemampuan Prediksi memang penting, tanpa prediksi ya gimana mau entry. namun jika anda tidak menyadari dan mau mengakui bagaimana kemampuan anda dalam bereaksi terhadap market, anda akan cenderung sulit menerima kenyataan yang terjadi pada market dan berujung melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan.

Prediksi yang salah umumnya akan memberi tekanan psikis pada Trader, apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan kondisi ? pikiran yang terus membayangi  dan memberi tekanan untuk menjadi hero terhadap entry itu sendiridimana terkadang aksi heroik tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan. tidak perlu menggeser atau merubah stop loss, apalagi menambah posisi baru atau hedging dan upaya heroik lainnya, karena seringkali keputusan yang diambil pada kondisi ini bisa berakibat fatal bahkan berujung margin call. dan secara tidak langsung anda sebenarnya tidak mencoba untuk cerdas menyelamatkan entry, tapi sebenarnya anda tidak yakin dengan entry anda sendiri.

Contoh Reaksi yang benar ketika belum melakukan entry : misalnya anda tidak memiliki analisa pada pair tersebut, namun seketika terjadi gejolak harga yang cukup tajam yang menarik perhatian anda untuk memperhatikan teknikal, kemudian secara teknikal anda melihat sebuah peluang dengan dasar yang logis, bahkan juga didukung dengan data fundamental yang searah, ketika mempertimbangkan dan mengukur bahwa peluang tersebut memiliki Risk & Reward Ratio yang layak, misalnya 1:2 atau lebih, maka masuk akal jika anda bereaksi cepat untuk melakukan entry terhadap pair tersebut. terus reaksi yang salah ? anda asal entry tanpa dasar yang logis, tanpa sinyal dari teknikal maupun fundamental, tanpa risk yang jelas apalagi profit.

Contoh Reaksi yang benar ketika sudah melakukan entry : misalnya anda sudah melakukan entry, tentunya dengan stop loss atau batas resiko yang sudah ditentukan (kalau belum, saya tidak tau harus bicara apa, karena sudah salah di aturan entry), dan ternyata prediksi anda salah, bahkan ditambah semakin besarnya floating loss karena impact dari rilis berita penting. maka sebaiknya anda tidak perlu menambah posisi ataupun hedging sekalipun balance anda sanggup untuk menanggung resiko tersebut, upaya terbaik jika teknikal dan fundamental sudah kuat dan searah menyatakan prediksi anda salah adalah : anda harus bisa menerima batas resiko yang sebelumnya sudah anda tentukan, tidak usah menggeser-geser stop loss, tidak usah meyakinkan diri lagi  bahwa prediksi anda seharusnya benar, itu tidak akan merubah kondisi market, apalagi sampai doa-doa, itu psikis anda sudah tidak beres dalam trading.

Semoga Bermanfaat, Happy Trading & Good Luck!

Trading di Akhir Pekan dengan Exness
Beli Kripto pakai Kartu Kredit
Beli Kripto pakai Gopay
Beli Kripto pakai OVO
Beli Kripto dengan Paypal dan 350+ Metode Pembayaran lainnya

CONVERSATION