-->

Abaikan Jika Melihat Iklan Binary Options (Opsi Biner) pada Situs ini, Baca : Perbedaan Forex dengan Binary Options

Daftar Akun XM
image3

Aturan dalam Pola Head and Shoulders

Daftar Akun Exness

Pola Pergerakan Harga yang menyerupai sebuah Kepala dengan Bahu di kedua sisinya


Pola ini cukup mudah dikenali dan cukup efektif karena valid pada semua timeframe, maka dari itu pola ini bisa diterapkan untuk trading jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Dari pengamatan pandangan mata saja formasinya sudah terlihat dengan adanya bagian kepala (head), bahu kiri (left shoulder), dan bahu kanan (right shoulder).

Biasanya pembalikan arah trend terjadi bila harga gagal menembus neckline, semakin sudut neckline negatif atau miring ke bawah, maka probabilitas pembalikan arah trend akan semakin tinggi. dari perpektif ini, dapat disimpulkan bahwa pola Head and Shoulders ini menunjukkan bahwa karakteristik permintaan dan penawaran pasar selalu mengikuti pola tertentu.

Lebih detail mengacu pada gambar dibawah ini :



  • Gelombang 1 : Seller mulai masuk ketika harga dinilai sudah terlalu tinggi, tetapi tekanan jual tersebut tidak cukup kuat untuk menembus level support sebelumnya karena permintaan di pasar masih lebih kuat.
  • Gelombang 2 : Masuknya orang-orang yang menunggu untuk buy pada harga rendah, sehingga harga kembali naik hingga melewati level high sebelumnya.
  • Gelombang 3 : Pada level ini, harga dianggap sudah terlalu tinggi, sehingga masuklah para seller sebelumnya yang sudah menunggu harga lebih tinggi. selain seller baru, mereka yang sebelumnya membeli pada harga rendah juga merealisasikan keuntungannya, sehingga harga cenderung terkoreksi dengan tajam. 
  • Gelombang 4 : Buyer baru yang menunggu harga turun hingga level support segera masuk, sehingga harga kembali naik. namun karena jumlahnya tidak terlalu banyak, maka tidak mampu menembus level high sebelumnya, dan selanjutnya harga kembali jatuh.
  • Gelombang 5 : Seller baru masuk kembali sehingga harga menembus level support sebelumnya, sekaligus menembus neckline. 
  • Gelombang 6 : Buyer kembali masuk karena harga dianggap sudah terlalu rendah, tetapi sekali lagi masih belum bisa menembus level resistance sebelumnya, menunjukkan permintaan yang makin lemah.
  • Gelombang 7 : Aksi jual di pasar yang sangat kuat membuat harga gagal menembus neckline (titik C), yang akhirnya kemudian harga jatuh dengan tajam.

Penerapan Pola Head and Shoulders

  • Setelah menemukan bagian head, left shoulder, dan right shoulder, tarik neckline dengan menghubungkan titik support pada left shoulder dan right shoulder.
  • Peluang Entry sell Pertama adalah ketika harga menembus neckline (sebagai support) dengan Penempatan Stop Loss atau batas kerugian sedikit diatas right shoulder
  • Dan Peluang Entry sell kedua setelah harga gagal menembus neckline dengan dengan Penempatan Stop Loss atau batas kerugian di atas neckline

Semoga Bermanfaat, Happy Trading & Good Luck!

KATEGORI KONTEN : Trading

BAGIKAN :

CONVERSATION

Daftar Akun XM