Kredit Instant hingga 30 Juta!
Trading dengan Broker Terbaik

RUU baru AS untuk mengurangi Risiko UU Bitcoin El-Salvador

19 February 2022 ()

Sekelompok Senator Bipartisan memperkenalkan undang-undang di Senat Amerika Serikat guna berupaya mengurangi risiko yang dirasakan akibat adopsi Bitcoin oleh El Salvador sebagai Mata Uang Legal.

Dilansir dari Cointelegraph: usulan Akuntabilitas untuk Kripto di El Salvador ACT (ACES) bertujuan untuk mengurangi potensi risiko terhadap sistem keuangan Amerika Serikat seperti Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme.

RUU tersebut diperkenalkan oleh senator James Risch dan Bill Cassidy dengan penandatanganan oleh Bob Menendez.

Senator James Risch mengatakan dalam pengumuman hari Rabu pekan lalu: "Adopsi Bitcoin di El Salvador sebagai alat pembayaran yang sah menimbulkan kekhawatiran yang signifikan tentang stabilitas ekonomi dan integritas keuangan dari mitra dagang Amerika Serikat yang rentan di Amerika Tengah."

Dan Senator Bill Cassidy mengatakan : "Mengakui Bitcoin sebagai mata uang resmi membuka pintu bagi kartel pencucian uang dan merusak kepentingan Amerika Serikat."

Jika lolos, RUU itu akan memberi agen federal 60 hari untuk menyerahkan laporan yang menilai beberapa aspek kemampuan negara Amerika Tengah mengenai keamanan siber dan stabilitas keuangan.

Bagian pertama dari laporan ini akan menilai bagaimana El Salvador mengembangkan dan memberlakukan Undang-Undang Bitcoin, bagaimana El Salvador akan mengurangi risiko integritas keuangan dan keamanan siber dari aset digital, apakah memenuhi persyaratan Gugus Tugas Aksi Keuangan, dampaknya terhadap individu dan bisnis, dan efek kripto terhadap ekonominya.

Bagian selanjutnya dari laporan tersebut akan menjelaskan infrastruktur internet El Salvador dan menilai sejauh mana kripto digunakan di sana, penyimpanan dana, potensi peretasan, dan tingkat akses keuangan yang dinikmati oleh orang-orang Salvador yang kurang mampu atau tidak memiliki rekening bank.

Presiden El Salvador, Nayib Bukele bereaksi terhadap campur tangan yang dirasakan di negaranya, dia membuat cuitan: "Anda memiliki 0 yurisdiksi di negara yang berdaulat dan merdeka, Kami bukan koloni Anda, halaman belakang Anda, atau halaman depan Anda."

Pemerintah El Salvador telah mengesahkan Undang-Undang Bitcoin pada Juni 2021, menjadikan Bitcoin sebagai mata uang legal di negara tersebut (Legal Tender), dan, selanjutnya, memaksa bisnis untuk menerimanya sebagai alat pembayaran.

Undang-undang tersebut telah melihat beberapa tentangan dari anggota parlemen domestik dan Dana Moneter Internasional yang telah mendesak Presiden Bukele untuk mencabut Undang-undang Bitcoin berkali-kali, terakhir pada 25 Januari.

HARGA BITCOIN SAAT INI : 



Tertarik untuk memiliki Bitcoin ? Anda bisa membelinya di BinanceTokocrypto, dan Indodax, 3 Bursa Kripto yang saat ini paling banyak digunakan oleh Investor / Trader di Indonesia.

Bursa Kripto lainnya silahkan lihat DISINI

Tags : Bitcoin BTC Crypto El-Salvador Kripto Regulation