Kredit Instant hingga 30 Juta!
Trading dengan Broker Terbaik

Respon Analis terhadap kemungkinan Kripto menjadi solusi Rusia mengatasi Sanksi AS

28 February 2022 ()

Menangapi Rumor Bitcoin adalah solusi Rusia mengatasi sanksi AS, berikut ini adalah salah satu tanggapan Analis ternama, Jaret Seiberg dari Cowen Washington Research Group

Jaret Seiberg mengatakan  “Kami meyakini AS khawatir Rusia akan menggunakan Kripto untuk mengatasi sanksi,” 

Bila Rusia mampu menggunakan Kripto untuk mengatasi Sanksi, maka dukungan politik di AS terhadap Kripto dapat jatuh dan Resiko Regulasi meningkat.

Di tengah pembicaraan pemblokiran Rusia dari sistem SWIFT akibat invasi terhadap Ukraina, sejumlah Analis mengingatkan Presiden Vladimir Putin untuk beralih ke Aset Kripto demi menghindari sanksi.

Jaret Seiberg berpendapat, dengan sebagian besar Perdagangan Global yang masih diukur menggunakan dolar AS, sulit untuk Rusia untuk menggunakan Kripto untuk menghindari SWIFT.

“Pembayaran dalam Bitcoin membutuhkan konversi ke dolar AS, dan hal ini membuka cara untuk melacak aktivitas tersebut”

Namun walau demikian, apabila Rusia gagal memakai Kripto untuk mengakali Sanksi, Jaret Seiberg meyakini hal itu dapat mendongkrak keabsahan Kripto dalam pandangan Regulator.

Jaret Seiberg menjelaskan, Dukungan Politis terhadap Kripto akan bertumbuh apabila Bursa Kripto membantu menegakkan sanksi AS, dan bila pemerintah dapat melacak penghindaran Sanksi memakai Blockchain.

Jaret Seiberg menyatakan Krisis Rusia-Ukraina dapat menentukan sikap pemerintah terhadap Kripto.

“Ada tekanan besar bagi Platform Perdagangan dan Layanan Dompet, hal ini bukan hanya di AS saja, melainkan diterapkan pula di Inggris, Uni Eropa serta sekutu AS di Asia”

Kementerian Keuangan AS mengenakan Sanksi terhadap 2 Bursa Kripto di Rusia tahun lalu, yaitu Suex dan Chatex yang ditemukan memproses transaksi terkait serangan Ransomware dan Aktivitas Ilegal lainnya.

Dalam laporan yang dirilis tahun 2021 lalu, Kementerian Keuangan AS melihat Aset kripto sebagai Ancaman Besar terhadap Program Sanksi.

“Kami sadar akan Resiko, bila Aset Kripto tidak diawasi, Aset Digital dan Sistem Pembayaran terkait tersebut dapat melukai Efisiensi Sanksi yang kami terapkan,” ujar Kementerian Keuangan AS. 

HARGA BITCOIN SAAT INI : 


HARGA ETHEREUM SAAT INI : 


Tertarik untuk memiliki Bitcoin atau Ethereum ? Anda bisa membelinya di BinanceTokocrypto, dan Indodax, 3 Bursa Kripto yang saat ini paling banyak digunakan oleh Investor / Trader di Indonesia.

Bursa Kripto lainnya silahkan lihat DISINI

Tags : Cowen Washington Research Group Crypto Jaret Seiberg Kripto Rusia-Ukraina SWIFT Vladimir Putin