Kredit Instant hingga 30 Juta!
Trading dengan Broker Terbaik

Tes Perdana CBDC di Rusia

16 February 2022 ()

Di tengah banyaknya berita mengenai Bank Rusia yang menolak proposal peraturan kripto oleh kementerian keuangan, bank sentral Rusia ternyata telah mulai melakukan uji coba mata uang digitalnya sendiri.

Sebelumnya, pada selasa 15 februari kemarin, Bank sentral Rusia mengumumkan bahwa mereka telah secara resmi meluncurkan uji coba rubel digital, yang telah berhasil menyelesaikan transfer mata uang digital bank sentral pertama (CBDC) di antara warga negaranya.

Peluncuran ini sejalan dengan rencana bank untuk memulai debut transaksi rubel digital pertama pada awal 2022.

Tiga bank dari 12 lembaga keuangan dalam kelompok percontohan rubel digital telah mengintegrasikan platform CBDC dengan dua di antaranya menyelesaikan "siklus penuh transfer rubel digital antara klien menggunakan aplikasi mobile banking".

Tahap pertama pengujian akan melihat pengguna membuka dompet pada platform rubel digital melalui aplikasi seluler, serta mengubah fiat non-tunai menjadi CBDC dan bertransaksi menggunakan token yang terakhir.

Pada tahap kedua, bank berencana untuk menguji rubel digital sebagai pembayaran untuk barang dan jasa serta implementasi potensial lainnya yang terkait dengan kontrak cerdas dan interaksi dengan Departemen Keuangan Federal.

Di masa depan, bank sentral juga memiliki berencana untuk memperkenalkan pembayaran rubel digital dalam mode offline dan untuk memberikan kesempatan melakukan transaksi oleh pelanggan non-residen.

Wakil gubernur pertama Bank Rusia, Olga Skorobogatova, menyatakan bahwa rubel digital adalah peluang baru bagi warga negara, bisnis, dan negara.

Bank Rusia juga menunjukkan bahwa rubel digital akan unik karena akan dapat diakses melalui aplikasi seluler dari bank mana pun yang melayani klien.

Pengumuman Bank Rusia ini datang di tengah laporan lokal yang mengeklaim bahwa Bank Rusia telah secara resmi menentang konsep peraturan ramah kripto Kementerian Keuangan yang diperkenalkan pada 8 Februari kemarin.

Pada konferensi pers pada hari jumat lalu, Gubernur Bank Rusia, Elvira Nabiullina, menyatakan bahwa otoritas akan terus berjuang melawan adopsi kripto di Rusia dengan segala cara. Ia menyatakan: "Kami tidak akan berusaha meyakinkan pemerintah dan menjelaskan lebih detail tentang argumen kami karena kami melihat risiko yang signifikan. saya mengandalkan akal sehat di sini."

Tags : CBDC Central Bank Crypto Kripto Rusia-Ukraina