Trading dengan Broker Terbaik

Makalah The Fed menemukan Efek Potensial CBDC terhadap Kebijakan Moneter AS

1 June 2022 ()

Federal Reserve Amerika Serikat (The Fed), telah merilis sebuah studi tentang kemungkinan efek Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) terhadap Implementasi Kebijakan Moneter.

Makalah ini mempertimbangkan beberapa skenario yang menggambarkan efek potensial CBDC terhadap Kebijakan Moneter dari Perspektif 3 kelompok pemangku kepentingan, yaitu The Fed, Bank Komersial, dan Rumah Tangga AS.

Skenario pertama melibatkan pertukaran uang tunai untuk CBDC, yang mempengaruhi kategorisasi Aset di The Fed dan di Rumah Tangga yang terlibat, namun tidak berpengaruh pada implementasi Kebijakan Moneter.

Skenario berikut menunjukkan efek Cascading yang dimulai dengan Individu menarik CBDC dari Bank Komersial ketika uang telah disetorkan sebagai uang tunai.

Dengan asumsi permintaan cadangan Bank tetap, skenario berlanjut membahas reaksi Bank Komersial terhadap pengurangan cadangan kas akibat penarikan CBDC.

Jika penarikan tersebut menyebabkan Bank kekurangan cadangan, maka Bank memiliki pilihan untuk melepaskan Sekuritas atau Pinjaman tertentu untuk membangun kembali kepemilikan Kas. atau untuk meningkatkan simpanan dengan menawarkan persyaratan yang lebih menarik pada produk.

Hal ini dapat menyebabkan suku bunga jangka pendek yang lebih tinggi dan mengurangi permintaan CBDC dengan menahan simpanan di Bank lebih lama.

Jika suku bunga naik tiba-tiba, The Fed dapat beralih ke diskon dan Fasilitas Standing Repo untuk memoderasi Suku Bunga, dan jika gagal, langkah berikutnya adalah pembelian Manajemen Cadangan. 

Menurut Penulis, makalah menunjukkan bahwa Efek Potensial pada implementasi Kebijakan Moneter dari CBDC sangat tergantung pada kondisi awal neraca The Fed.

Analisis juga menunjukkan bagaimana The Fed dapat menggunakan alat yang ada untuk mengelola dampak CBDC pada implementasi Kebijakan Moneter.

Tags : CBDC Crypto Kripto Research The Fed