Trading dengan Broker Terbaik

BIS Innovation Hub mengumumkan Proyek baru dan memperluas Eksperimen Keamanan Cyber dan Green Finance

Published : June 2022

Berdasarkan Publikasi Resmi oleh BIS (Bank for International Settlements) :

  • Proyek Eurosystem Center akan mengeksplorasi Pasar Kripto, Implikasi Kriptografi Pasca-Kuantum untuk Sistem Pembayaran dan pengungkapan terkait Iklim.
  • Proyek Keamanan Cyber akan mencakup Kemitraan dengan Bank Sentral Israel.
  • Hub memperluas Portofolio Green Finance dan Regtech/Suptech

BIS Innovation Hub hari ini mengumumkan serangkaian Proyek baru di berbagai pusatnya, memperbarui Program kerja tahun 2022. termasuk 3 proyek pertama dari Eurosystem Center yang akan datang dan Eksplorasi Komprehensif pertama dalam Keamanan Cyber.

Pusat Eurosystem diharapkan dibuka dalam beberapa bulan mendatang, dengan lokasi di Frankfurt dan Paris, dan bekerja sama dengan semua Bank Sentral kawasan Euro 19 dan Bank Sentral Eropa.

BIS Innovation Hub juga akan memperluas Portofolionya di Bidang Green Finance dan Teknologi Pengawasan dan Regulasi (Regtech dan Suptech). 3 Proyek Eurosystem Center pertama adalah :

Platform Intelijen Pasar Kripto

Runtuhnya banyak Platform Pinjaman Stablecoin dan Decentralized Finance (DeFi) telah menyoroti kesulitan dalam menilai Resiko dan Potensi Ekonomi mereka.

Salah satu alasannya adalah bahwa sebagian besar data tentang dukungan Aset, Volume Perdagangan, dan Kapitalisasi Pasar dilaporkan sendiri oleh Perusahaan yang tidak diatur.

Kumpulan Data Individual dan Solusi yang tersedia secara Komersial tidak memberikan Wawasan yang Komprehensif dan kurangnya Transparansi.

Tujuan Proyek ini adalah untuk menciptakan Platform Intelijen Pasar Open-source untuk menjelaskan Kapitalisasi Pasar, Aktivitas Ekonomi, dan Resiko terhadap Stabilitas Keuangan.

Kriptografi Pasca-Kuantum : mengamankan Privasi Sistem Pembayaran

Komputer Kuantum mungkin mampu memecahkan Kriptografi yang digunakan oleh Bank Sentral dan Sektor Keuangan Swasta untuk mengamankan Sistem Pembayaran dan penyelesaian.

Hal ini mengancam Kerahasiaan dan dapat merusak Integritas Sistem Pembayaran.

Mengingat Sensitivitas Data Keuangan jangka panjang, Kerentanan ini harus diatasi dengan baik sebelum munculnya Komputasi Kuantum.

Proyek ini akan menyelidiki dan menguji Solusi Kriptografi Potensial yang dapat menahan Kekuatan Pemrosesan Komputer Kuantum yang jauh lebih baik.

Tujuannya adalah untuk menguji Kasus Penggunaan di berbagai Sistem Pembayaran dan memeriksa bagaimana Pengenalan Kriptografi Tahan Kuantum akan memengaruhi Kinerjanya.

Meningkatkan transparansi pengungkapan terkait iklim

Bank Sentral semakin melihat bagaimana Perubahan Iklim dapat mempengaruhi Stabilitas Keuangan, Inflasi, dan masalah lain dalam mandat mereka.

Namun, kesenjangan Data penting dan Inkonsistensi dalam Pengumpulan Data membuat tugas mereka lebih sulit.

Proyek ini bertujuan untuk membangun Database sumber terbuka dari Laporan Perusahaan yang digabungkan dengan mesin pencari teks lengkap untuk mengidentifikasi pengungkapan terkait keberlanjutan.

Pembelajaran mesin dan alat pemrosesan bahasa alami kemudian akan digunakan untuk mengatur dan menyusun Data ini.

Selain Inisiatif Eurosystem, Pusat Inovasi Hub Hong Kong akan bermitra dengan Bank Israel dan Otoritas Moneter Hong Kong / Hong Kong Monetary Authority (HKMA) dalam studi baru tentang Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC), dan Keamanan Cyber.

Ini juga memulai Fase Baru Proyek Green Finance Genesis.

Lebih banyak keamanan siber untuk CBDC ritel

Sebagian besar Bank Sentral yang meneliti CBDC Retail mencoba meniru Model Tradisional, yang dikenal sebagai "Arsitektur 2 Tingkat", di mana uang diberikan kepada Publik melalui perantara seperti Bank dan Penyedia Layanan Pembayaran.

Membangun Kekuatan Bank Israel dalam Keamanan Cyber dan pembelajaran HKMA dari Proyek Aurum sebelumnya, Sela akan mengeksplorasi Solusi Teknologi untuk memungkinkan perantara menyediakan CBDC kepada Pengguna tanpa Eksposur Keuangan terkait, mengurangi Resiko dan Biaya dalam Proses, dikombinasikan dengan fokus yang kuat pada Keamanan Cyber.

Link : https://www.bis.org/about/bisih/topics/cbdc/rcbdc.htm

Green bonds dengan Hasil Mitigasi Digital

Hong Kong Center juga akan memulai pengembangan Prototipe baru untuk Fase 2 dari Proyek Green Finance Genesis, bekerja sama dengan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim / United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC), dan Pihak Publik dan Swasta lainnya.

Link : https://www.bis.org/about/bisih/topics/green_finance/green_bonds.htm

Dalam Fase baru ini, Blockchain, Smart Contract, dan Teknologi terkait lainnya akan digunakan untuk Pelacakan, Pengiriman, dan transfer apa yang disebut Kepentingan Hasil Mitigasi Digital, Kredit Karbon de facto yang diakui di bawah Mekanisme Verifikasi Nasional yang sesuai dengan Perjanjian Paris, attached to a Bond.

Pada bulan Januari, Innovation Hub mengumumkan Program kerjanya untuk tahun 2022, termasuk Proyek pertama di pusat kota London dan Stockholm.

Link : https://www.bis.org/press/p220125.htm

Publikasi Resmi : https://www.bis.org/press/p220617.htm

HARGA BITCOIN SAAT INI : 

HARGA ETHEREUM SAAT INI : 

Tertarik untuk memiliki Bitcoin atau Ethereum ? Anda bisa membelinya di BinanceTokocrypto, dan Indodax, 3 Bursa Kripto yang saat ini paling banyak digunakan oleh Investor / Trader di Indonesia.

Atau tertarik untuk Trading Aset Kripto ? silahkan cek DISINI.

Published at June 2022
Tags : Bank for International Settlements BIS CBDC Crypto Finance Green Finance HKMA Hong Kong Monetary Authority Kripto UNFCCC