Trading dengan Broker Terbaik

Penjelasan mengapa Kripto dianggap sebagai Sekuritas

Penyelidikan yang dilakukan oleh SEC (U.S. Securities and Exchange Commission) terhadap Bursa Kripto Binance, yang kasus serupa dengan Ripple saja belum selesai, tentu semakin menimbulkan pertanyaan ditengah Komunitas, kenapa Kripto dianggap sebagai Sekuritas.

Terkait : Sama seperti Ripple (XRP), SEC mendadak selidiki Binance.

Sebenarnya Pengawasan Kripto yang semakin ketat oleh Otoritas Keuangan bukanlah sesuatu yang mengherankan, jika melihat bagaimana pesatnya juga pertumbuhan Industri Kripto.

Beserta faktor lainnya seperti Penipuan dan Pencucian Uang yang melibatkan Kripto, bahkan hingga Konflik Rusia-Ukraina pun memberikan dampak yang tidak kecil terhadap Industri.

Mengenai Potensi Gempuran Regulasi terhadap Kripto sebelumnya pernah saya tulis disini : Terjebaknya Kripto ditengah Konflik Rusia-Ukraina

Belum lagi kejadian lainnya seperti Tragedi Stablecoin UST milik Terra (LUNA)

Terkait :

Pro-Kontra Kripto sebagai Sekuritas semakin ramai sejak 2017, yang dimana Ketua SEC pada masa itu, Jay Clayton. mengingatkan jika banyak Produk Kripto yang tergolong sebagai Kontrak Investasi alias Sekuritas, dan harus didaftarkan sesuai Hukum Sekuritas Federal.

Jay Clayton mengatakan jika Aset Kripto yang berfungsi hanya sebagai Mata Uang akan digolongkan sebagai Komoditas oleh SEC, bukan Sekuritas. yang mencakup Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin.

Untuk menentukan sifat Sekuritas sebuah Aset Kripto, SEC menggunakan metologi Howey Test.

Howey Test adalah tes yang dibuat oleh Mahkamah Agung AS untuk menentukan apakah sebuah transaksi tertentu memenuhi syarat sebagai Kontrak Investasi.

Jika demikian, maka berdasarkan Securities Act of 1933 dan Securities Exchange Act of 1934, transaksi-transaksi tersebut dianggap sebagai Sekuritas dan oleh karena itu tunduk pada Persyaratan Pengungkapan dan Pendaftaran tertentu.

Ketua SEC saat ini, Gary Gensler, mengatakan bahwa sebagian besar Aset Kripto digolongkan sebagai Sekuritas berdasarkan Howey Test.

Gary Gensler mengatakan : “Jika seseorang menggalang Dana dengan menjual Kripto dalam hal sebagai Modal untuk kemajuan Usaha Perusahaan, dan Pihak Penerbit Kripto dan Pembeli mengharapkan Keuntungan dari Usaha tersebut, maka hal itu termasuk Sekuritas”

Dan pada Awal Tahun ini, Gary Gensler mengatakan bahwa SEC akan fokus menyelidiki Bursa Kripto pada tahun 2022.

Dan kini telah kini lihat, Binance tengah dalam penyidikan oleh SEC.

SEC melakukan penyelidikan terhadap Binance dengan sebab yang sama seperti Ripple (XRP). 

Yaitu SEC mencurigai apakah ICO (Initial Coin Offering) Binance Coin (BNB) yang dilakukan Binance pada 2017 melanggar Hukum Sekuritas.

Mayoritas dan Komunitas saat ini melihat SEC skeptis namun terlambat.

Seperti Ripple (XRP) yang sudah berdiri lama namun mendadak dituduh Ilegal oleh SEC pada 2020 lalu, mengatakan jika penjualan XRP adalah penjualan Saham Ilegal. 

Kasus ini masih berjalan sampai sekarang meskipun banyak pernyataan yang membuktikan bahwa XRP bukan sebuah Sekuritas menurut beberapa Fakta yang dibawa di Pengadilan. 

Terkait : Keterlibatan Mantan Pejabat SEC dalam Konflik Ripple Labs

Dan saat ini secara mendadak juga mencurigai Binance telah melakukan Penjualan Saham Ilegal.

Untuk Binance, sejauh ini SEC masih belum melakukan tuduhan, saat ini masih dalam tahap penyelidikan. 

Saat ini Binance Coin (BNB) adalah Kripto terbesar ke-3 setelah Bitcoin dan Ethereum (diluar Stablecoin), dan Ripple (XRP) berada pada Peringkat ke-7, dibawah Cardano, disusul oleh Solana dan DOGE  (diluar Stablecoin).

HARGA BITCOIN SAAT INI : 


HARGA ETHEREUM SAAT INI : 


HARGA BINANCE COIN (BNB) SAAT INI : 


HARGA CARDANO (ADA) SAAT INI : 


HARGA RIPPLE (XRP) SAAT INI : 


HARGA SOLANA (SOL) SAAT INI : 


HARGA DOGE SAAT INI : 



Tertarik untuk memiliki BitcoinEthereum, Cardano, Ripple, Solana, atau DOGE ? Anda bisa membelinya di BinanceTokocrypto, dan Indodax, 3 Bursa Kripto yang saat ini paling banyak digunakan oleh Investor / Trader di Indonesia.

Atau tertarik untuk Trading Aset Kripto ? silahkan cek DISINI.